Ingin Menggunakan Kanopi? Simak Dahulu Jenis dan Masing-Masing Kelebihannya

Kanopi adalah sebuah tambahan hiasan untuk eksterior rumah agar lebih menarik dan juga aman ketika digunakan. Penempatannya juga sangat fleksible bisa menempel pada dinding, menggantung atau dipasang untuk kebutuhan bongkar pasang. Secara umum fungsi dari kanopi ini adalah menghalau panas dan hujan dan juga suasana lebih sejuk namun tetap estetik.

 

Dibalik trend penggunaan kanopi ini Anda wajib tahu jenis dan kelebihannya. Dengan begitu Anda tidak akan salah dalam memilih kanopi sesuai kebutuhan.

 

Mengenal Jenis Kanopi dan Karakteristiknya

 

  1. Solite Polycarbonate

Bisa dibilang salah satu jenis kanopi surabaya yang satu ini merupakan jenis yang banyak diminati untuk kebutuhan pemilihan warna yang beragam. Jenis kanopi yang satu ini memiliki susunan bahan yang lebih sederhana dibandingkan jenis lainnya. Didukung juga dengan rentang harga yang sangat terjangkau.

 

Namun untuk segi kualitas jenis kanopi yang satu ini tidak memiliki tingkat keawetan yang cukup baik terlebih jika memang ingin digunakan sebagai penggunaan jangka panjang. Masa ketahanan dari kanopi solite polycarbonate ini hanya bisa selama lima tahunan saja.

 

Mampu menembus cahaya sebesar 40% sehingga tidak akan menyisakan ruang gelap untuk bagian yang dilindungi oleh kanopinya. Merupakan jenis yang rawan sekali bocor sehingga membutuhkan penggantian yang lebih sering dibandingkan dengan jenis kanopi lainnya.

 

  1. Solarlite Polycarbonate

Masih menjadi salah satu rumpun polycarbonate dengan kualitas yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan solite polycarbonate. Bentuk dari struktur kanopinya juga cenderung sedikit lebih kuat dan tidakserapuh jenis sebelumnya. Tipe ini tidak banyak menembus cahaya sehingga memberikan kesan yang teduh ketika berada di bawahnya.

 

Memiliki masa berlaku atau ketahanan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan jenis solite. Tingkat keawetan dari bentuk kanopi ini adalah selama 10 tahun dengan perawatan yang mencukupi. Jenis ini masih bisa bertahan pada area yang rawan hujan dan tidak mudah tembus karena lapisannya lebih tebal.

 

  1. Twinlite Polycarbonate

Jenis ini adalah keluarga terakhir dari jenis polycarbonate dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan kedua jenis sebelumnya. Masa ketahanan dari kanopi jenis ini adalah 15 tahun dari pemakaian pertama. Memiliki struktur yang lebih kokoh dan awet sehingga banyak dipakai untuk kebutuhan jangka panjang.

 

Dibalik keawetan dan ketebalan struktur kanopi yang diberikan tersebut ternyata harga yang ditawarkan juga sangat mahal. Untuk Anda yang memiliki budget banyak memang lebih baik untuk membeli kanopi jenis ini meskipun harus mengeluarkan banyak rupiah terlebih dahulu.

 

  1. Galvalum

Bahan berikutnya yang juga sangat bagus untuk pembuatan kanopi adala galvalum. Galvalum terkenal dengan struktur bahannya yang sangat ringan sehingga memudahkan pemasangan dalam ketinggian sekalipun. Dari sisi keawetan juga lebih baik karena tidak memiliki unsur karat di dalamnya.

 

Bahan yang satu ini banyak dipilih untuk menggantikan penggunaan bahan besi terutama pada area yang memiliki cuaca ekstream di dalamnya. Besi memiliki struktur yang lebih berat dan mudah berkarat sehingga menyusahkan untuk keperluan pemasangan kanopi pada area yang tinggi.

 

  1. Kain

Banyak yang tidak tahu bahwa kain juga merupakan bahan yang laris dipesan pada jasa pembuatan pagar kanopi. Kain ini memungkinkan banyaknya motif dan warna lucu yang bisa dicustom sesuai dengan tema yang ingin digunakan. Bentuknya sangat mewah meskipun memiliki harga yang sangat terjangkau.

 

Kanopi kain ini memang tidak diperuntukkan untuk penggunaan kanopi jangka panjang melainkan bisa dibongkar pasang maupun rutin diganti dalam jangka waktu tertentu. Bahkan bahan kain yang digunakanpun juga beragam, semakin tebal dan berkualitas ketahanannya bisa mencapai 10 tahun lamanya.

 

  1. Spandex

Bahan keenam yang juga banyak dipilih untuk pembuatan kanopi adalah spandex. Spandex sendiri tersusun dari bahan seng dan aluminium dengan ketebalan yang ringan. Banyak digunakan sebagai kerangka penggunaan kayu, baja ringan dan juga besi. Bahan ini sangat ringan dan tidak memerlukan banyak tenaga kerja untuk pemasangannya.

 

Harga yang ditawarkan untuk tipe kanopi ini juga cukup terjangkau. Anda bisa membawa pulang kanopi mulai dari harga Rp, 50.000,- sampai dengan harga Rp. 90.000,-. Budget ini tentunya tidak terlalu memberatkan dengan kualitas dan ketahanan yang lebih baik.

 

  1. Alderon UPVC

Jenis kanopi yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang berada pada lingkungan penghujan dengan intensitas sering. Hal ini dikarenakan meskipun model dari kanopi ini monoton namun ketahanannya terhadap air tidak perlu diragukan lagi. Kanopi ini mampu bertahan pada cuaca yang ekstream meskipun harga belinya juga terjangkau.

 

Alderon juga tidak memberikan sisi kebisingan yang mengganggu ketika hujan deras. Sehingga Anda tetap akan nyaman ketika berada di dalam rumah saat hujan. Jenis ini mampu bertahan sampai dengan ukuran 15 tahun untuk penggunaan yang normal. Ketebalan dari alderon ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Membrane

Membrane adalah tipe kanopi yang cukup populer untuk digunakan karena garansi keawetan yang fantastik yakni mencapai 30 tahun lamanya. Memiliki struktur yang cukup tebal dan tidak mudah robek sehingga aman dari adanya kebocoran yang mungkin terjadi.

 

Membrane ini banyak digunakan untuk pembuatan tempat teduh baik penggunaan darurat maupun jangka panjang. Biasanya banyak dipakai untuk membuat tempat parkir, keperluan atap pada trotoar, peneduh taman atau halaman rumah dan keperluan lain yang membutuhkan perlindungan.

 

Ada beberapa alasan yang membuat Anda harus menggunakan kanopi seperti di bawah ini:

 

  1. Pemasangannya sangat mudah dan cenderung membutuhkan waktu cepat apapun jenis kanopinya. Bahkan beberapa jenis tertentu cukup dipasang oleh satu orang saja.
  2. Kanopi mampu memberikan bentuk atau desain eksterior sesuai dengan apa yang diharapkan. Kanopi ini bisa dimodel dan disesuaikan berdasarkan tipe rumah dan juga hiasan ekterior pendukung lainnya.
  3. Sebagian besar kanopi memiliki sifat anti bocor sehingga mampu menampung hujan dengan baik tanpa merusak permukaan dari kanopinya.
  4. Kanopi ini meskipun memiliki rentang harga yang beragam namun masih termasuk pada jenis pelindung paling murah dibandingkan jenis lainnya. Bahkan untuk sisi keawetan tidak perlu diragukan lagi, ada yang bertahan 5 sampai dengan 30 tahun untuk kualitas kanopi terbaik. Sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki budget banyak dalam memasang genteng.
  5. Pemasangan dari kanopi ini tidak membutuhkan kerangka yang rumit dan berlapis. Semuanya bisa didiskusikan dengan benar sesuai kebutuhan bersama jasa pembuat kanopinya mengenai warna, bahan dan juga tipe kerangkanya.
  6. Kanopi ini memiliki keawetan yang lebih baik tergantung bagaimana Anda memilih bahan kanopi yang cocok dengan kondisi cuaca pada rumah tersebut. Perhatikan dengan seksama karakteristik lingkungan dan juga bahan kanopi yang akan digunakan.

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai jenis kanopi ini Anda bisa langsung melihat laman www.bengkellashastakarya.com. Ada banyak rekomendasi kanopi untuk dipakai sesuai kebutuhan rumah Anda.

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *