Anda Wajib Tahu Cara Memilih dan Merawat Kanopi untuk Penggunaan Jangka Panjang

Era modern ini membuat perkembangan kanopi menjadi cukup bagus mulai dari penambahan model dan juga pilihan untuk bahan pembuatannya. Hal tersebut mengharuskan Anda untuk lebih selektif dalam memilih jenis kanopi terutama untuk hunian minimalis. Perawatan kanopi yang tepat juga akan menunjang awet tidaknya kanopi digunakan untuk jangka panjang.

 

Hunian minimalis biasanya memiliki space yang sangat terbatas untuk penggunaan apa saja sehingga ketika memilih kanopi juga harus diperhatikan bahan dan penempatannya.

 

Mengenal Tips Memilih Kanopi untuk Rumah Minimalis

 

  1. Pilih bahan kayu

Kayu merupakan bahan yang ringan, murah dan mudah didapatkan. Selain itu sebagai pembuat kanopi, kayu juga bisa dibentuk lebih mudah mengikuti desain yang estetik masa kini untuk hunian minimalis. Apalagi jika dipadukan dengan unsur lain di dalam rumah yang mengusung tema alam.

 

Biasanya bahan kayu ini bukan hanya dipasang untuk area eksterior kanopinya saja melainkan untuk kebutuhan jendela, pintu dan juga sekat rumah. Kayu sendiri memiliki kesan yang elegan dan dingin untuk digunakan sebagai bahan hiasan rumah. Dengan perawatan yang tepat bahan kayu ini bisa menjadi kanopi estetik yang kekinian.

 

  1. Gunakan campuran baja ringan dan kaca

Untuk jenis hunian minimalis yang mengusung konsep modern, biasanya kanopi surabaya merekomendasikan penggunaan bahan campuran dari baja ringan dan kaca. Jelas baja ringan untuk kerangka agar tidak mudah rusak dan memiliki ketahanan yang mendukung. Sementara kaca adalah pusat unsur keestetikaan yang ditonjolkan.

 

Kaca ini sangat indah ketika sengaja dipasang pada lantai dua dan di bawahnya terletak taman maupun kolam renang. Kaca banyak digunakan untuk orang yang tidak menyukai permukaan bawah kanopi yang gelap karena sifatnya yang tembus pandang. Material kaca ini cenderung mudah kotor sehingga membutuhkan pembersihan yang lebih sering.

 

  1. Jangan abaikan pemilihan warna

Ada yang menjadi kriteria krusial dan sering dilupakan dalam pemilihan kanopi yakni dalam pemilihan warnanya. Banyak orang lebih tertarik dengan warna-warna terang atau bahkan gelap sekalipun dengan alasan estetik. Padahal warna ini belum tentu cocok dengan konsep rumah dan juga kondisi lingkungan rumahnya.

 

Disarankan untuk memilih warna netral sebagai warna kanopinya. Selain lebih mudah menyatu dengan tema sekeliling eksterior rumah, ternyata warna netral ini juga menghindari terjadinya kebosanan karena warna yang terlalu ngejreng atau terlalu gelap.

 

Pemilihan warna untuk kanopi ini juga harus berpakem pada komponen lain yang sering digunakan untuk menutupi atap rumah, seperti genteng. Jadi warna-warna semu cokelat, merah, hitam dan cokelat adalah rekomendasi paling cocok untuk penggunaan kanopi jangka panjang.

 

  1. Letakkan tanaman

Kanopi memang memberikan kesan yang indah untuk sebuah rumah namun jika kehadirannya didukung dengan komponen lain sebagai hiasan tentu akan menonjolkan sisi yang lebih estetik lagi. Kanopi ini biasanya dipadukan dengan pengadaan tanaman untuk konsep yang lebih menyatu dengan alam.

 

Sangat cocok ketika Anda memutuskan untuk menggunakan kanopi dari bahan kayu yang elegan. Tanaman yang bisa digunakan juga bebas saja baik yang plastik maupun asli. Anda bisa menggunakan tipe tanaman daun hijau untuk perawatan yang lebih mudah dan juga pengadaan warna yang hidup.

 

  1. Hiasan lampu

Memiliki masalah dengan kanopi seperti aura ruangan yang lebih gelap? Jangan khawatir untuk mengantisipasi hal ini Anda bisa memilih penggunaan lampu sebagai solusinya. Bahkan lampu ini juga bisa digunakan sebagai hiasan tambahan untuk melengkapi kehadiran kanopi di rumah tersebut.

 

Pemilihan cahaya penerangan yang tepat mampu memberikan suasana yang diharapkan. Seperti halnya cahaya warna putih yang banyak dipilih untuk suasana terang yang cocok untuk area perkantoran. Namun cahaya dengan tipe warm white ini dirasa lebih nyaman untuk hunian rumah.

 

Anda sudah menggunakan kanopi ataupun masih ragu menggunakannya karena tidak mengerti tentang perawatan kanopi? Jangan khawatir kanopi akan tetap berfungsi dan awet ketika Anda memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini:

 

  1. Telusuri kinerja kanopi

Banyak orang yang kurang aware mengenai kinerja dari fungsi kanopi setelah pemasangannya. Padahal jika tidak dipantau dengan benar bisa jadi selama ini kanopi yang telah terpasang kinerjanya terganggu. Masalah utama yang sering terjadi adalah mengenai kelancaran aliran air hujan dan juga proses pembuangannya.

 

Air hujan yang menggenang membuat kanopi lebih rentan bocor. Apalagi jika Anda tidak rajin melihat kondisi kanopi yang terkena luapan debu dan juga endapan lumpur di atasnya. Aliran ini akan beralih menuju tiang kanopi sehingga membuatnya lebih cepat rusak.

 

  1. Lakukan pelapisan

Anda wajib tahu bahwa menurut jasa pembuatan pagar kanopi ini juga membutuhkan proses pelapisan berulang sebelum warna aslinya luntur. Pelapisan ini bisa menggunakan cat ataupun semprotan khusus sesuai bahan yang digunakan dalam pembuatan kanopinya.

 

Pengecatan atau pelapisan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya karatan pada tubuh kanopi. Sehingga proses melakukannya juga tidak boleh hanya sekali, minimal satu tahun sekali untuk hasil yang lebih optimal. Karat adalah musuh utama dari sebuah kanopi karena bisa memicu korosi dan juga kebocoran.

 

  1. Lapisi dengan zat anti karat

Untuk bahan kanopi yang memang memiliki struktur yang karatan Anda bisa mengantisipasi perkembangan karat ini menggunakan semprotan anti karat. Semprotan ini mampu menghambat perkembangan karat dan memicu korosi. Anda harus memikirkan perawatan dan konsekuensi ketika memilih menggunakan bahan kanopi yang mudah terkena karat.

 

  1. Pilih bahan yang tidak mudah karat agar lebih praktis

Untuk Anda yang memang tidak telaten dalam merawat tipe kanopi yang berkarat direkomendasikan untuk langsung memilih kanopi yang anti karat. Bahan seperti baja ringan dan galvalum adalah rekomendasi paling tepat dengan perawatan yang tidak terlalu rumit.

 

Kedua bahan ini bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang dan bisa aman dari serangan karat dan korosi. Memang untuk modal awal membelinya membutuhkan penambahan biaya dari bahan yang mudah karat. Namun tentu hal ini sesuai dengan keuntungan perawatan yang juga mudah ini.

 

  1. Lakukan pengelasan ulang

Ketika Anda menemukan letak korosi atau karat yang sangat parah pada bagian kanopi yang perlu dilakukan adalah melakukan pengelasan ulang untuk menghilangkannya. Proses pengelasan ulang ini juga bisa membantu menguatkan sisi kanopi yang sudah mulai lemah tersebut.

 

Pengelasan ini juga bisa digunakan untuk mengantisipasi adanya kerobohan pada kanopi karena sisi penyokong yang tidak seimbang.

 

  1. Perawatan ekstra

Ada bahan kanopi yang membutuhkan perawatan ekstra ketika dipilih seperti bahan dari kayu ini. Kayu adalah bahan yang memiliki struktur mudah keropos sehingga Anda wajib melapisi dengan zat anti keropos, pengecatan dan juga melakukan penggantian pada sisi kayu yang sudah keropos.

 

Itulah beberapa hal penting mengenai tips memilih dan merawat kanopi dengan baik. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa mengunjungi laman www.bengkellashastakarya.com.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *